Ketegasan dalam Komunikasi

Mengapa ketegasan penting? Setidaknya ada tiga alasan mengapa ketegasan merupakan topik yang penting dalam komunikasi interpersonal.
  1. Dengan menggunakan ketegasan dalam pelatihan dapat mengembangakan ketrampilan social. Pelatihan tidak hanya terbatas pada kursus dan lokakarnya saja. Banyak buku popular yang menggunakan prinsip ketegasan, bahkan mereka tidak menggunakan istilah. Dan beberapa dari teks-teks populer tersebut menawarkan prospek yang cemerlang. Ketika saya menemukan komunikasi asertif, hidup saya menjadi berubah, saya melihat bahwa ada cara untuk langsung terbuka, dan jujur tanpa menjengkelkan. Saya menyadari bahwa saya bisa mengekspresikan diri dengan jelas dan ringkas tanpa beralih terhadap manipulasi dan intimidasi.
  2. Adanya bahaya yang akan diterima dengan ketegasan yang terlalu kritis ada sekelompok mahasiswa, mereka melakukan proyek penyelidikan keberhasilan pelatihan ketegasan. Mereka menghubungi semua penyedia pelatihan, pada suatu daerah yang mereka temui mereka melakukan pertanya secara langung mengenai apa bukti yang diperoleh bahwa pelatihan itu berhasil??. Tak ada satupun dari pelatih yang bersedia dengan baik untuk memberikan bukti atas lampiran yang digunakan secara langsung untuk mendata langsung semua peserta pelatihan. Hal ini mungkin tidak mengejutkan, karena pelatihan mereka tidak dibayar oleh organisasi mereka, melainkan mereka bekerja untuk melakukan studi lanjutnya. Tapi apakah pelatihan ini benar-benar dilakukan untuk peserta? Dan apakah efek terahirnya?
  3. Untuk melihat ketegasan dalam detail yang lebih sempit cara untuk membangun hubungan yang eksplisit antara nila-nilai, sikap dan perilaku. Hal ini menimbulkan masalah perilaku etika dan moralitas yang sering tersira dalam metode lain.
Bagaimana ide tentang ketegasan berkembang? Sejarah pelatihan ketegasan berkembangn beberapa decade 1950-an, ketika sejumlah terapis mulai menemukan cara-cara untuk membantu individu yang memiliki masalah serius dalam mengekspresikan diri dan begdiri sendiri atas hak-hak mereka. Hai itu diakui bahwa dengan emberian terapi ini individu lebih percaya diri, bersama dengan ketrampilan khusus dan teknik, akan membantu mereka untuk lebih efektif dalam mengatasi kehidupan sehari-hari. Pada tahun 1960, gagasan ini menyebar ke audiens yang lebih luas. Ada pertumbuhan dramatis dalam kursus pengembangan pribadi dan social, pelatiahan ketrampilan, semua berbeda jenisnya. Banyak pelatih mengakui bahwa ketegasan itu tidk hanya berharga bagi orang-orang yang mengalami kesulitan yang serius. Banyak professional dan orang-orang dalam kehidupan sehari-hari mereka memutuskan untuk dapat memperoleh manfaat dengan mengkomunikasikannya lebih tegas. Pada tahun 1970, buku tentang ketegasan mulai muncul yang ditujukan pada umum. Awalnya, sebagian besar ditujukan untuk perempuan sebagai pernyataan yang menjadi salah satu cara bagi perempuan untuk menangani seksisme dan penindasa oleh laki-laki. Sejak itu kita telah melihat pelatihan ketegasan, suatu program yang digunakan oleh banyak profesi dan dalam berbagai pengaturan organisasi. Banyak buku panduan telah muncul dan ada juga penelitian pada pelatihan dan nilai ketegasan training.
 
Apa yang dimaksudkan dengan komunikasi tegas? Definisi khas ketegasan, diambil dari salah satu mapan teks, yaitu suatu pernyataan yang melibatkan diri sendiri untuk hak-hak pribadi dan mengekspresikan fikiran, perasaan dan keyakinan dengan cara langsung, jujur dan tepat yang menghormati hak-hak orang lain. Dari definisi tersebut kita dapat mengetahui inti dari ketegasan yaitu :
  • mengakui bahwa kamu memiliki hak dasar manusia yang harus dihormati oleh orang lain.
  • Mengakui bahwa hak-hak itu mencakup kemampuan untuk mengungkapkan kebutuhan dan perasaan kamu
  • Komunikasi yang langsung, jujur dan terbuka
  • Ekspresi saling menghormati hak-hak orang lain

0 Response to "Ketegasan dalam Komunikasi"

Post a Comment