Makalah Kontak Sosial

http://www.infoguru.ga/2015/08/makalah-kontak-sosial.html
Apa yang merupakan kontak sosial dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi dalam melakukan komunikasi? 
 
Kontak berasal dari bahasa latin “cum” atau “con” yang berarti bersama-sama dan “tangere” yang berarti menyentuh. Jadi secara harafiah kontak berarti bersama-sama menyentuh. Dalam definisinya, kontak sosial merupakan aksi individu atau kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi si pelaku dan si penerima dan si penerima membalas aksi itu dengan reaksi. Interaksi Sosial sebagai faktor utama dalam kehidupan sosial melalui kontak sosial. Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial (yang juga dapat dinamakan sebagai kontak sosial) karena interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas dalam kehidupan sosial. Kontak sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, menyangkut hubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

Jika kamu pernah membaca buku tentang komunikasi manusia, mungkin kamu akan menemukan suatu penekanan yang kuat pada aspek komunikasi sosial. Pengarang sangat bersikeras bahwa komunikasi merupakan proses sosial dan komunikasi itu selalu berlangsung didalam masyarakat ditentukan oleh waktu. Namun, apa komunikasi ini benar-benar berarti ketika kita datang untuk mencoba meneliti berkomunikasi?
 
Suatu alasan mengapa pengarang modern menempatkan suatu penekana kuat atas konteks sosial, sebab pengarang cenderung mengabaikan hal itu. Sebagai contoh, ada sedikit perhatian untuk konteks sosial dalam awal berkomunikasi yang hanya berkonsentrasi pada encoder-channel-decoder. Ada juga suatu perasaan ketika berhadapan yang mana dilanjutkan dalam bermasyarakat. Masyarakat menghormati mereka yang memiliki ilmu pengetahuan sebagai latar belakang dibandingkan dengan manusia yang memilih untuk bertindak dan mereka merasa bahwa masyarakat yang merasakan tata cara dimana kita bertindak. Jika kamu mengikuti sudut pandang yang pertama mungkin kemudian kamu percaya bahwa ada pengalaman manusia yang universal bagi semua corak dan kebudayaan. Jika kamu mengikuti sudut pandang yang terakhir mungkin kamu akan percaya bahwa semua tindakan manusia terjadi dimana masyarakat tersebut terjadi, yakni tidak ada corak alami atau pengalaman manusia yang universal.
 
Pendapat ini boleh terlihat samar atau rumit, tetapi kamu akan menemukan bahwa yang mereka lakukan mempunyai kekuatan implikasi praktis. Sebagai contoh, komunikasi antara kebudayaan yang berbeda mampu dikembangkan menjadi suatu pemahaman umum. Jika semua pengalaman ke kebudayaan milikmu adalah sama kemudian komunikasi ini bisa disebut mustahil. Saya sudah menyederhanakan berbagai pendapat karena saya tidak memiliki tempat untuk menjangkaunya secara luas. Jika kamu ingin menempatkan saya dalam bahaya untuk suatu pendapat, kemudian saya akan membantahnya bahwa ada beberapa aspek dari seluruh pengalaman manusia. Hal ini bukanlah kasus yang menjadikan komunikasi menjadi mustahil. Pada sisi lain saya juga beranggapan bahwa kamu tidak secara penuh memahami tentang bagaimana proses komunikasi manusia tanpa pemahaman dimana kontak sosial itu terjadi. Namun, jika saya mengatakan berkomunikasi itu hanya dipengaruhi oleh kontak sosial kemudian hal itu tidak kita ambil sangat jauh berlebihan. Suatu definisi sistematis apa yang kita butuhkan dalam kontak sosial :
· Komponen apa saja yang relevan?
· Faktor apa yang spesifik mempengaruhinya?
· Bagaimana cara komponen-komponen tersebut bekerja?
Banyak pengarang yang telah bersusah payah untuk menekankan betapa pentingnya kontak sosial, namun telah menjadi agak sedikit jelas perkataan apa artinya? Saya mendefinisikan pencerminan suatu kumpulan wilayah pengamatan yang berbeda dan menghasilkan hal penting yang berlainan.
 
Lingkungan dan Struktur sosialMula-mula saya akan membuat suatu pembedaan antara lingkungan dan struktur sosial.
a. Lingkungan
Lingkungan adalah latar belakang atau pengaturan yang mempunyai dua bentuk phisik dan unsur-unsur sosial. Sebagai contoh, satu penelitian yang bersifat percobaan menemukan pelajaran penting sebagai kedudukan ketika laboratorium itu berantakan. Studi lain menunjukkan bahwa orang-orang menghakimi perbuatan seseorang(wajah) dengan cara yang berbeda tergantung pada apakah mereka terlihat indah atau buruk.
b. Struktur sosial
Dengan struktur sosial saya mengartikan tata cara dimana peristiwa tertentu yang diorganisir. Sebagai contoh, jika kamu menghadiri suatu pertemuan kamu akan berpesan bahwa orang-orang yang bertindak secara wajar dapat diramalkan seakan-akan mereka adalah kode atau aturan perilaku tertentu. Kamu akan beranggapan bahwa orang-orang tersebut sedang bertindak sangat spesifik. Sebagai contoh, mereka sebagai pendamping mempelai sedang memenuhi peranan tertentu. Jika dalam beberapa penampilan mereka tidak sesuai mungkin menjadi kekacauan dan kebingungan untuk mengikuti. Pertimbangkan yang terbaik untuk mengawali suatu perkawinan yang secara formal ketika mempelai pria itu berdiri dialtar dengan berbisik “ini adalah kesempatan yang terakhir untuk keluar. Saya akan menutupi jika kamu ingin lari menghindar”, komentar yang demikian ini tidak diterima baik ketika orang tua mempelai perempuan memainkan lagu di upacara resepsi itu. Pendamping mempelai berdiri ditengah dan menggunakan mikropon untuk berbicara sehingga suaranya terdengar nyaring dan jelas.
 
Terjadi juga suatu rangkaian peristiwa yang terbatas, misalnya: pidato pada saat diacara resepsi. Semua kenyataan ini akan saling bertukar tergantung pada penempatan dan status peserta. Sebagai contoh, untuk membandingkan suatu kalangan atas antara perkawinan di suatu gereja dengan di suatu kantor pencatatan perkawinan (KUA). Didalam suatu kebudayaan yang berbeda, kamu akan berpesan sama. Namun yang terpenting saya ingin menjelaskan bahwa peserta berpartisipasi mengenai “aturan permainan”, yaitu : mereka mengetahui apa yang diperlukannya dan memainkan peranan mereka masing-masing. Orang-orang dapat merasakan ketidaknyamanan jika mereka tidak bekerja sesuai prosedur. Mereka tidak dipercaya untuk bekerja dan banyak bercanda berdasarkan atas pengamatan atau ejekan dari sebagian kesempatan formal. Misalnya di British Film “Four Wedding And A Funeral or The American film by Robert Altman, A Wedding”.
 
Apakah yang merupakan komponen sosial kontak? 
Saya membedakan hal itu berupa lingkungan dan struktur sosial, namun saya memerlukannya sebagai kelanjutan membagi kategori ini dalam rangkaian pada suatu definisi yang menyeluruh. Hal ini telah digambarkan pada gambar 5.1 (diatas). Sekarang saya akan mendiskusikan masing-masing dari kategori suara khusus. Lingkungan phisik adalah kumpulan dari objek-objek dan faktor yang meliputi kita, seperti bentuk dan ukuran ruang, warna, pencahayaan, pemanasan, dan lain-lain. Semua ini tidak mempengaruhi perilaku kita dalam cara-cara yang mungkin memerlukan kesadaran kita. Sebagai contoh, jenis bohlam yang berbeda juga akan mengeluarkan kualitas cahaya yang berbeda pula dan hal itu menjadi sebuah pendapat bahwa satu jenis yang sama akan menciptakan suatu atmosfir yang lebih baik dibandingkan yang lain. Pada pandangan pertama ini, tidak boleh nampak (terlihat) melainkan mempengaruhi kamu tetapi dengan menyarankan suatu rangkaian peristiwa yang bisa mendorong kearah hasil yang seperti itu. Pencahayaan kasar dapat masuk kearah radang mata dan melelahkan, ini akan membuat orang-orang merasa iritasi dan tidak menenangkan. Iritasi akan menyebabkan orang-orang akan cenderung untuk menjadi pendek dan galak, ini akan menjadikan suatu pendapat yakni akan menciptakan suatu pandangan yang tidak ramah.
 
Pertimbangkan bagaimana pengaruh lingkungan fisik yang berbeda berkaitan dengan suasana hati yang kamu rasakan. Dan mempertimbangkan bagaimana para arsitek mencoba untuk menciptakan atmosfir tertentu di dalam bangunan, misalnya :
· Rumah makan cepat saji dengan terang, gembira dan diiringi musik yang menyenangkan.
· Rumah makan indah dengan pencahayaan yang ditundukkan (direndahkan) dan diiringi dengan musik yang sangat lembut.
· Keadaan ruang tunggu dokter gigi disebuah ruang depan yang sedemikian rupa sehingga kamu tidak lupa dimana kenyataannya kamu berada.
 
Lingkungan fisik dapat mempengaruhi kita di sejumlah tempat berbeda yang juga dipengaruhi oleh komunikasi dan perilaku kita, sebagai berikut: Lingkungan dapat mengarahkan efek fisiologis. Jika kondisi lampu bohlam atau tingkat pemanasan, pekerjaan diatas dapat diramalkan, kemudian ini dapat terjadi sebab mengarahkan kepada ilmu psikologi.
 
Maksud atau arti simbolis
Lingkungan dapat mempunyai maksud atau arti simbolis. Pabrik sangat memperhatikan warna dari bungkusan produk karena dengan warna akan memiliki hubungan tertentu atau mengandung simbol. Putih dan biru sepertinya berhubungan dengan kebersihan sedangkan yang kuning dan merah berhubungan dengan keramahan dan kegembiraan. Warna hijau tersebar luas karena menimbulkan anggapan yang kurang baik. Tidak ada pengaruh langsung disini, walaupun beberapa jenis tentang cahaya mungkin lebih membangkitkan kepada ketegangan pada sistem kita, penimbulan ini dapat diartikan berbeda. Kita bereaksi terhadap warna yang berbeda terutama mereka yang mengandung maksud simbolis. Seperti warna dekorasi atau perasaan yang timbul dari bahan mebel yang berbeda dapat mempunyai efek penting terhadap bagaimana kita merasakan dan bagaimana sikap kita untuk bertindak. Dampak dari perilaku diatas dapat membuat perilaku lingkungan fisik tertentu lebih mudah atau lebih sulit. Diantara UK dan USA, pemakaian sepatu yang berhak tinggi lebih dihormati. Mereka lebih mudah untuk bergaul dan mengakomodasi sebagian besar orang-orang. Mereka terlihat “modern” untuk memperbaiki bagian kumuh suatu kota tua, dengan banyak keuntungan dan kerugian riil.
 
Lingkungan sosial : Suatu alasan utama lingkungan sosial dapat mempengaruhi perilaku individu adalah bahwa secara terus-menerus kita mencari informasi dari lingkungan yang akan membantu kita memutuskan harus berbuat apa. Schachter menggambarkan dengan menunjukkan suatu percobaan yakni dengan memberikan suatu pengaruh melalui pikiran orang lain.
 
Norma-norma sosial Dalam situasi yang paling sosial, kita mempunyai suatu gagasan yang jelas untuk mengharapkan kita bertindak atau bekerja dengan norma-norma sosial. Dan mempertunjukkan tentang corak norma-norma kelompok yang paling utama yakni bahwa norma bertindak sebagai suatu pemandu terhadap bagaimana cara bertindak. Jika kamu mematuhi norma-norma itu, kamu akan nampak diterima oleh oranglain didalam situasi dan perilakumu nantinya yang terlihat seperti normal. Jika kamu melanggar norma-norma itu, maka akan menanggung resiko yakni ditolak oleh oranglain dan perilakumu akan menjadi terlihat seperti aneh atau bahkan bertentangan. Persisnya apa yang akan terjadi jika kita pecahkan suatu norma akan bergantung atas keadaan variasi yang utuh.
 
Norma yang terdapat didalam suatu kelompok sangat mempengaruhi perilaku dari masing-masing anggota kelompok, tidak hanya didalam suatu kelompok tersebut tetapi juga diluar kelompok pun juga ada. Norma-norma tersebut ada pada tingkatan yang berbeda-beda, tetapi yang paling utama adalah budaya dan norma-norma kelompok.
 
1. Norma-norma BudayaAdalah norma-norma yang berlaku bagi semua anggota ditentukan dari kultur (kebudayaan). Contoh : ada norma-norma kesopanan yang terdapat di kebudayaan jepang, yang akan mempertimbangkan kata yang tidak sopan untuk dikatakan kepada oranglain.

2. Norma-norma KelompokHal ini berlaku bagi suatu anggota kelompok tertentu. Contoh : suatu kelompok sering mengembangkan norma-norma kuat untuk bertindak dan berkomunikasi. Eksperimen Sherif’s, ada dua kelompok anak laki-laki dari latar belakang yang serupa, sherif mengamati dua kelompok tersebut pada musim panas berkemah. Salah satu kelompok mengembangkan norma-norma atau perilaku yang agresif dan bersorak-sorai nyaring sedangkan kelompok yang satunya mengembangkan norma-norma yang sopan.
 
Aturan SosialPerilaku sosial kita tidak hanya ditentukan oleh norma-norma budaya saja, akan tetapi juga oleh suatu aturan berlaku yang spesifik. Pembedaan antara norma dan aturan terbaik digambarkan dengan penggunaan analogi tentang suatu permainan regu seperti sepak bola. Ketentuan-ketentuan sepak bola ditulis dan ditetapkan pada dokumen seperti berapa banyak jumlah pemain yang mengambil bagian, berapa lama waktu permainan, bagaimana kamu mencetak gol, sanksi akibat berbuat jahat atau khianat dan lain-lain. Sekalipun masing-masing regu mematuhi semua aturan, mereka boleh tenang mengembangkan norma-norma yang berbeda.
 
Hubungan SosialHubungan sosial merupakan komunikasi yang dilakukan antara dua orang yang dipengaruhi oleh hubungan yang ada diantara mereka. Hubungan ini dapat berbeda jenis yang mencerminkan peran berbeda (misal: teman, saudara) dan kualitas (misal: komunikasi yang dilakukan bersifat formal dan jarak jauh). Hubungan dapat dimakan usia oleh sejumlah faktor penting, yakni: perbedaan budaya, perbedaan jenis kelamin, dan perbedaan kelas sosial. Maka dalam rangka memahami apa yang terjadi, kamu harus mempertimbangkan semua faktor ini.
 
Peranan SosialKomponen peranan sosial secara lebih detail dilihat dalam bab berikutnya. Disini saya melakukan penekanan seberapa penting konsep ini adalah masing-masing situasi sosial menyertakan definisi beberapa peran diharapkan mempengaruhi bagaimana orang-orang melakukan komunikasi. Terkadang peran akan menjadi agak samar atau rancu dan kamu harus merundingkan dengan peserta lain. Sebagai contoh: jika kamu pergi pada suatu pesta berpegang kepada orang-orang yang kamu tidak ketahui kenal dengan baik sekali, peran apa yang akan kamu terima? Mungkin bodoh untuk pergi dengan suara bising.
 
Ada situasi lain dimana kebutuhan peran nampak kuat maka mereka menentukan bagaimana individu bertindak. Salah satu contoh adalah penjara philip Zimbardo’s eksperimen. Zimbardos tertarik akan efek hidup dipenjara pada individu dan ia menetapkan suatu penjara sebagai ejekan. Pemilihan secara hati-hati tentang test psikologis untuk menyakinkan suatu wakil kelompok kaum muda kelas menengah. Mereka telah dibagi secara acak sebagai narapidana. Dengan khas pengawal Amerika dilengkapi seragam dan topi. Satu-satunya batas aturan adalah suatu kutukan pada penggunaan fisik (kekerasan/kehebatan) untuk menambahkan realisme, narapidana ditangkap oleh polisi sesuai prosedur umum dan diberikan seragam.
 
Zimbardo dan kawan-kawan duduk tenang untuk mengamati tetapi segera dipaksa untuk campur tangan. Dengan ilmu jiwa saya mengartikan bahwa siapa yang narapidana telah mengalami gangguan emosional dalam kurun waktu kurang dari lima hari. Pada sisi lain penjaga berkelakuan dengan brutal dan sadis. Satu-satunya perbedaan antar mereka adalah frekuensi dari brutal dan sadis. Namun mereka melakukan hal itu sampai taraf tertentu, ini bukanlah hasil mengejutkan tentang pikiran kejam dan sadis. Sepanjang eksperimen yang mereka tangkap pengalaman yang tadinya mereka mampu tak mengindahkan menilai moral yang normal. Tipe hubungan dan kualitas yang sudah terlihat suatu kenaikan yang dramatis di dalam riset pada hubungan pribadi. Sebagian riset ini telah memusat tentang kualitas hubungan yang berbeda, misal: cinta, persahabatan, kenalan, dan lain-lain. Satu kesimpulan umum berhubungan dengan hubungan antara gaya atau jenis komunikasi tertentu dan jenis hubungan tertentu. Sebagai contoh: self diclosure yang telah disebut sebagai suatu komponen penting didalam mengembangkan hubungan.
- Keterampilan
Riset telah menunjukkan bahwa ada sejumlah perbedaan keterampilan sosial yang dihubungkan untuk mengembangkan hubungan. Sebagai contoh: mengusulkan mengasingkan orang-orang tidak sangatlah baik pada pengiriman isyarat tidak lisan, terutama isyarat menggunakan wajah dan tentu saja ini meminta suatu pertanyaan penting yakni apakah penyebab kekurangan seperti itu?Apakah orang-orang menjadi kesepian hanya karena kekurangan keterampilan atau keterampilan mereka memburuk sebagai hasil pengalaman dan perasaan mereka?
- Aturan dan Pengetahuan Sosial
Seperti bab 4, mampu melaksanakan suatu keterampilan tergantung pada pengetahuan seperti halnya kemampuan harus berbuat apa untuk menyelesaikan perilaku itu. Orang-orang yang mengalami kesulitan untuk mulai menyembunyikan hubungan bisa dipastikan kekurangan pengetahuan dan pengalaman, mereka tidak mengetahui aturan itu. Sebagai contoh: satu studi bertanya kepada para mahasiswa perguruan tinggi bagaimana mereka akan mencoba untuk berusaha memahami pasangan (someone).
- Perbedaan budaya
Ada beberapa perbedaan sangat penting didalam cara kultur hubungan berbeda. Ada aturan berbeda berhubungan dengan hubungan yang sama dan ini dapat mempunyai perbedaan utama dalam apa dan bagaimana peserta berkomunikasi. Dibawah aku membicarakan tentang aturan sosial. Untuk menggambarkan pengaruh dari latar belakang budaya, Argyle menyimpulkan setelah informasi suatu studi perbedaan antara Britania, Italia, Hongkong dan Jepang nampak kita menempatkan penekanan lebih pada menyatakan emosi, memberi pendapat pada topik teman akrab, kasih sayang dan permintaan untuk bantuan dan nasihat. Hongkong dan wakil Jepang, sedikitnya sejauh mengisyaratkan hubungan adalah terkait. Hubungan erat, apakah pasangan, keluarga, para teman, atau famili oleh perkawinan, atau bahkan berdasarkan atas keakraban heteroseksual (kumpul kebo), dianggap sebagai sumber pendukung dan aturan tentang menggunakannya.
- Perbedaan Jenis Kelamin
Pengetahuan masyarakat sangat sensitif mengenai perbedaan antara para laki-laki dan perempuan. Dari suatu studi menghasilkan bahwa perlakuan yang sama antara laki-laki dan perempuan diberlakukan. Peninjauan ulang dari perbedaan komunikasi antara keduanya banyak ditemukan. Bagaimanapun, penafsiran dan penjelasan perbedaan disini harus didekati dengan perhatian ekstrim. Sedikitnya ada dua pokok pertimbangan, yakni: 1) bahaya meniru-niru laki-laki/perempuan; perbedaan terlihat pada klise sosial pengamatan langsung terutama pada peran tradisional mereka dan dalam suatu status perubahan terus-menerus yang lebih besar. 2) banyak metodologi dari studi berkaitan dengan pilihan dan tata cara hidup mereka yang akan dibahas pada bab selanjutnya.
- Perbedaan Kelas Sosial
Walaupun hal tersebut merupakan penghalang, kelas sosial adalah salah satu sumber variasi yang utama di dalam menjalani hidup kita. Hal penting terutama berhubungan komunikasi antar pribadi, yakni: a) asal-usul bahasa dan jenis pekerjaan; orang-orang menggunakan jenis bahasa yang berbeda untuk menerima perhatian tertentu. b) perbedaan budaya dengan kehidupan dicerminkan melalui harapan dan persepsi. c) pengaruh baik persepsi berbeda dalam cara-cara komunikasi yang dibahas bab berikutnya.
 
Hubungan Komponen dari Kontak SosialMengidentifikasikan komponen kontak sosial yang terpisah sangat berguna untuk menjelaskan bagaimana komponen-komponen tersebut bekerja. Cara terbaik menjelaskan jenis interaksi yang terjadi dengan memperhatikan contoh praktis, oleh sebab itu saya akan menyoroti suatu area riset yang mempunyai implikasi penting tentang hubungan sosial. Saya mengusulkan kontak sosial adalah penting untuk manusia, bukan hanya kuantitas yang penting namun mutu kontak sosial tersebut juga sama pentingnya. Ada bukti besar mengenai mutu hubungan kita dengan orang lain dapat mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan. Hubungan baik dalam variabel ini mempengaruhi hal positif, tidak ada hubungan atau lemah dapat mempengaruhi efek berbahaya serius. Satu aspek ini adalah apakah kita mengikuti aturan lain seperti mengenali hubungan tertentu. Ada beberapa perbedaan penting, sebagai berikut: Argyle menemukan sejumlah aturan kecil yang berlaku bagi semua hubungan ini (contoh: menghormati keleluasaan pribadi orang lain), aturan yang ada adalah bagi beberapa hubungan tetapi tidak untuk orang lain (contoh: terlibat dalam senda gurau dan sindiran dengan orang lain adalah suatu persahabatan penting tetapi bukanlah suatu aturan penting).
Perbedaan budaya mengamati aturan untuk hubungan yang sama. Empat aturan yang dinilai penting dalam semua hubungan dalam semua kultur, yakni:
1) Menghormati keleluasaan pribadi orang lain.
2) Melihat mata orang tersebut ketika melakukan percakapan.
3) Jangan mendiskusikan yang dikatakan secara rahasia dengan orang lain.
4) Jangan mengkritik orang lain didepan umum.
 
Golongkan perbedaan, perbedaan kelompok didalam suatu masyarakat atau budaya akan memiliki aturan cara yang berbeda pula. Argyle menemukan perbedaan keduanya dalam aturan spesifik untuk hampir semua hubungan. Ada perbedaan menarik jenis kelamin dalam hubungan tentang keakraban. Dalam melakukan hubungan dengan orang lain, para wanita sering menyatakannya dengan berbagai emosi dan mereka juga menggunakan aturan tentang keleluasaan pribadi. Peran perubahan juga mempengaruhi hubungan kita dengan orang lain. Faktor waktu bagaimana hubungan pertemanan berkembang seperti halnya mengidentifikasi bagaimana komponen kontak sosial dapat menghubungkan satu dengan yang lain, studi tentang hubungan kita dengan orang lain dapat menggambarkan titik ini. Komunikasi adalah suatu ramuan penting dalam semua langkah-langkah suatu hubungan. Kita dapat melihat masing-masing aspek komunikasi yang berbeda untuk menjelaskan langkah-langkah itu, kita dapat memperhatikan sebagian dari faktor yang terlibat didalam berteman.

Ø Menjadi sadar terhadap orang lain
Kamu dapat menetapkan suatu hubungan terlebih dahulu dengan seseorang, untuk mengakui keberadaan mereka dan harus mampu mengembangkan suatu kesan. Faktor yang saya bahas disini adalah relevan, penting sekali terutama mengenai pengaruh phisik, persamaan sosial dan persamaan daya pikat.
 
Ø Membuat kontak/interaksi
Ketika kita mendapatkan pekerjaan baru, atasan akan memperkenalkan kita untuk menjadi salah satu anggota kelompok didalamnya. Karakteristik pola teladan komunikasi dapat diramalkan sebagai berikut: 1) orang-orang saling menukar informasi mengenai diri mereka tanpa bertengkar, 2) mereka memperbincangkan latar belakang mereka dan cenderung berpegang kepada pendapat dibanding fakta, 3) beberapa menit kemudian akan memulai penggunaan tanya-jawab. Pola teladan ini tidak mengejutkan, menukarkan informasi latar belakang adalah suatu cara menarik dan tidak mungkin untuk mendorong kearah konflik.
 
Ada beberapa poin-poin menarik lain tentang pertukaran, yakni:
ü Jika seseorang dalam percakapan tidak mengikuti pola teladan yang khas kemudian akan berkembang kebingungan atau konflik.
ü Kita dapat dipengaruhi oleh klise misalnya gender (jenis kelamin) seperti yang telah dibahas di bab yang sebelumnya.
ü Kontak baik berarti bahwa kita dapat berpendapat mengenai orang lain yang memiliki sikap tertentu seperti cara berpakaian.
 
Mengembangkan kontak kedalam persahabatan ini adalah langkah yang berikutnya di dalam mengembangkan suatu hubungan. Ada sejumlah aspek menarik pada proses ini :
ü Kita harus melindungi identitas satu sama lain sehingga kita dapat memperdalam pemahaman dari tiap masing-masing.
ü Kita harus menyesuaikan gaya komunikasi kesatu sama lain.
ü Kedua isyarat yakni secara tidak lisan dan lisan adalah penting.
ü Kita harus bertindak dengan cara yang sesuai pada tingkat hubungan yang sudah dicapai.
ü Kita harus mencapai keseimbangan.
 
Dalam rangka membuat hubungan satu sama lain yang memuaskan, kita harus saling menyetujui dan bersikap jujur terhadap masing-masing pendapat yang kita letakkan pada suatu hubungan.

0 Response to "Makalah Kontak Sosial"

Post a Comment