Tujuan Layanan Informasi

Ada dua tujuan dalam layanan informasi  yaitu :

Tujuan umum
Tujuan umum layanan informasi ( INFO ) adalah di kuasainya informasi tertentu oleh peserta layanan. Informasi tersebut selanjutnya di gunakan oleh peserta untuk keperluan hidupnya sehari-hari (dalam rangka kehidupan efektif sehari-hari –KES) dan perkembangan dirinya.

Tujuan khusus
Tujuan khusus layanan INFO terkait dengan fungsi –fungsi konseling . Fungsi pemahaman paling dominan dan paling langsung diembun oleh layanan INFO. Peserta layanan memahami informasi dengan berbagai dengan seluk-beluknya sebagai isi layanan .Penguasaan informasi tersebut dapat digunakan untuk pemecahan masalah (apabila peserta yang bersangkutan mengalaminya )untuk mencegah timbulnya masalah,untuk mengembangkan dan memelihara potensi yang ada ,dan untuk memungkinkan peserta yang bersangkutan membuka diri dalam mengaktualisasikan hak-haknya.
 
Dalam hal pengembangan kemandirian ,pemahaman ,dan penguasaan peserta terhadap informasi yang diperlukannya akan memungkinkan ia mampu memahami dan menerima diri dan lingkungannya secara objektif ,positif dan dinamis. Mengambil keputusan mengarahkan diri untuk kegiatan-kegiatan yang berguna sesuai dengan keputusan yang di ambil dan akhirnya mengaktualisasikannya diri secara terintegrasikan. Dengan demikian ,meskipun tujuan layanan INFO tampak sederhana dan tunggal ,apabila penguasaan informasi itu benar-benar berkualitas tinggi,tidak mustahil ia dapat digunakan untuk keperluan yang lebih luas.

0 Response to "Tujuan Layanan Informasi"

Post a Comment