Terungkap, Ini Dia Sekolah Tertua di Dunia

Ternyata sekolah tertua di dunia ada di Asia, tepatnya berada di China. Sekolah ini sudah berdiri sejak zaman dinasti Han atau antara 141 tahun sebelum masehi dan masih ada sampai sekarang. 

Chengdu Shishi High School (Cina Tradisional: 石室 中學, 文 翁 石室, Cina Sederhana: 石室 中学, 文 翁 石室, pinyin: Shishi zhōngxúe, Wen Weng Shishi) adalah sekolah menengah negeri di Chengdu, provinsi Sichuan, Cina. Ia berdiri di lokasi sekolah umum Cina lokal pertama, didirikan pada Dinasti Han antara 143 SM dan 141 SM oleh Wen Weng (文 翁). Ini pada awalnya bernama Wen Weng Shishi (文 翁 石室) .Shishi, yang secara harfiah berarti "Batu Chamber", mengacu pada konstruksi asli yang dibangun dari batu.

http://www.infoguru.ga/2015/06/terungkap-ini-dia-sekolah-tertua-di-dunia.html

Di Chengdu antara tahun 143 dan 141 SM, Wen Weng (文 翁) mendirikan sekolah pertama lokal Cina publik, Shujun Junxue (蜀郡 郡 學). Selama Dinasti Han Timur, Chengdu dan sekolah hancur oleh api. Sekolah itu dibangun kembali pada 194 AD, dan terus berlanjut sampai Dinasti Song Utara sebagai Yizhou Zhouxue (益州 州 學) dan nama lain, tetapi dengan akhir Dinasti Ming hanya puing-puing yang tersisa.

Pada 1661, di awal Dinasti Qing, sekolah pemerintah Chengdu Fuxue (成都 府 學) didirikan di situs, dan menjadi sekolah terkemuka di Sichuan. Ini menjadi Chengdu Normal School (成都 師範 學堂) di bawah sistem pendidikan baru yang diperkenalkan pada tahun 1902 dan kemudian menjadi Sekolah Menengah Chengdu (成都 府中 學堂) pada tahun 1904. Hal ini berganti nama lagi untuk Chengdu Shishi Sekolah Tengah (成都 石室 中學) pada bulan Februari 1940, dan di pertengahan 1948 diidentifikasi sebagai model untuk sekolah menengah nasional.

Pada bulan September 1952, setelah pembentukan Republik Rakyat Cina, sekolah berubah nama menjadi
Sekolah Tengah Chengdu No 4  (成都 第四 中学). Selama Revolusi Kebudayaan sekolah hancur untuk ketiga kalinya; tidak ada bangunan Dinasti Qing yang tersisa. Sekolah Tengah Chengdu kembali ke nama Shishi pada bulan April tahun 1983.

Shishi berperingkat di antara top 100 sekolah menengah di Cina. Persaingan antara siswa sekolah menengah pertama di Chengdu untuk masuk ke sekolah sangat ketat. Bagi banyak siswa, penerimaan ke Shishi adalah suatu kehormatan menyaingi
penerimaan di universitas dan memberikan kesempatan untuk menerima pelajaran di atas rata-rata kelasnya. Kebanyakan siswa Shishi berada pada top 10% dari rekan-rekan mereka di ujian keluar sekolah menengah junior.

Source : wikipedia.org

2 Responses to "Terungkap, Ini Dia Sekolah Tertua di Dunia"

  1. baru tahu mas
    tapi kalo universitas tertua di duniakayaknya masih al-azhar ya...

    ReplyDelete